Dukung Ekosistem Sehat, Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Lepas Puluhan Ikan Di Sungai Giripurno Kota Batu

Berita16 views

MC, Batu- Sebagai upaya menjaga kelestarian ekosistem sungai dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga desa, mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur melakukan pelepasan ikan.

Kegiatan tersebut kolaboratif antara mahasiswa dari program MBKM Bina Desa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran yang dilakukan bersama pemerintah desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada Rabu, 3 Juni 2024.

Diawali dengan upacara simbolis penuangan ecoenzyme ke dalam sungai. Ecoenzyme merupakan cairan yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti sisa buah dan sayur, digunakan untuk membantu memurnikan air sungai dan mengurangi kadar polutan.

Seperti yang disampaikan Erwan Adi Saputro, S.T., M.T., Ph.D selaku Dosen Pembimbing Lapangan bahwa kegiatan ini merupakan Restorasi Ekosistem yang bisa meningkatkan populasi ikan di Sungai Giripurno yang telah mengalami penurunan akibat pencemaran dan aktivitas manusia.

“Selain itu kegiatan ini meningkatan Keanekaragaman Hayati Menambah keanekaragaman hayati di sungai untuk menjaga keseimbangan ekosistem”.
Terang Erwan Adi.

“Serta mengedukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan kelestarian lingkungan”. Jelasnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh perangkat desa, warga setempat, serta perwakilan dari UPN “Veteran” Jawa Timur tersebut melepas 65 bibit ikan ke sungai dengan berbagai jenis, diantaranya ikan mas dan ikan tombro.

“Ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar.” Lanjut Erwan.

Sekretaris Desa Giripurno, Bumiaji, Kota Batu Bapak Munir, mengapresiasi inisiatif para mahasiswa UPN atas program pelestarian ekosistem sungai. Munir berharap kegiatan tersebut bisa dilakukan secara Rutin ke depannya.

“Kami berterima kasih atas kepedulian dan bantuan dari mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi desa kami dan kami berharap kerja sama seperti ini dapat terus berlanjut,” Ungkap Munir.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, kondisi ekosistem Sungai Giripurno bisa semakin membaik. Kami selaku Pemerintah setempat akan terus memantau perkembangan populasi ikan dan kesehatan sungai secara berkala”. Terang Munir.

Selain itu, Menurut Munir program-program edukasi lingkungan akan terus digalakkan pihaknya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai.

“Kegiatan ini mencerminkan kepedulian dan tanggung jawab mahasiswa sebagai agen perubahan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan demi masa depan yang lebih baik”. Ungkap Munir.

https://www.upnjatim.ac.id/, https://lppm.upnjatim.ac.id/, https://www.ft.upnjatim.ac.id/,
https://tekkimia.upnjatim.ac.id/

https://www.upnjatim.ac.id/merdeka-belajar-kampus-merdeka-mbkm/

https://lppm.upnjatim.ac.id

https://www.ft.upnjatim.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed