Pembukaan kegiatan Bina Desa Mahasiswa Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur di Desa Giripurno, Kec. Bumiaji, Kota Batu

Berita14 views

MC, Batu- 10 Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur mengikuti Program MBKM Bina Desa di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Para mahasiswa tersebut mengikuti Program MBKM Bina Desa yang pada Selasa 30 April 2024 hingga akhir bulan Mei 2024.

Seperti yang disampaikan Bapak Erwan Adi Saputro, S.T., M.T., Ph.D selaku dosen pembimbing lapangan bahwa Program Bina Desa yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi momen penting bagi mahasiswa dalam menjalankan tanggung jawab sosial.

Menurut Erwan Adi menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini Mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam kehidupan bermasyarakat serta pengimplmentasian ilmu secara langsung.

Rombongan mahasiswa teknik kimia UPN Veteran Jawa Timur telah disambut hangat oleh sekretaris desa Giripurno, Bapak Munir Andriono, S.H. serta para Perangkat Desa Giripurno yang lainnya.

Dalam sambutannya, Sekdes Munir menyampaikan bahwa pihaknya sangat antusias dan mengungkapkan sangat senang menerima mahasiswa Bina Desa dari UPN Veteran Jawa Timur.

“Kami berharap dengan adanya program Bina Desa ini dapat membantu memajukan masyarakat serta dapat membantu mencari solusi atas permasalahan permasalahan desa yang belum teratasi”. Terang Munir.

“Mahasiswa peserta Bina Desa diharapkan mampu membantu masyarakat baik itu dengan tenaga maupun fikiran baik di bidang pendidikan, keagamaan dan kemasyarakatan”. Lanjut Munir.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Munir meminta kepada mahasiswa untuk memohon bimbingan dari dosen pembimbing, sekretaris desa maupun tokoh masyarakat setempat. Munir juga menjelaskan geografis wilayah desa nya kepada mahasiswa.

“Desa Giripurno memiliki 6 dusun yaitu dusun Kedung, Krajan, Durek, Sumbersari, Sabrangbendo, dan Sawahan. Masing-masing dusun memiliki komoditas hasil pertanian yang berbeda-beda”. Jelas nya.

Dalam kesempatannya Munir berpesan kepada mahasiswa agar selalu berhati-hati dalam menjalankan semua kegiatan serta menta’ati semua peraturan yang ada di setiap desa tersebut.

“Beda tempat, beda adat istiadat pasti terdapat perbedaan aturan juga. Karena kegiatan pengabdian masyarakat Bina Desa mahasiswa program studi Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur ini dilaksanakan selama satu bulan”.Terang Munir.

https://www.upnjatim.ac.id/, https://lppm.upnjatim.ac.id/, https://www.ft.upnjatim.ac.id/,
https://tekkimia.upnjatim.ac.id/

https://lppm.upnjatim.ac.id
https://www.ft.upnjatim.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed