Peringati 1 Sura, Gelar Ngarak Sewu Ancak

Berita, Daerah133 Dilihat

Mediacentral-Jatim, Beraneka kegiatan budaya banyak digelar oleh budayawan, lembaga adat maupun Pemerintah Desa selama sejak beberapa hari dan kemungkinan akan berlangsung selama 1 bulan penuh selama bulan Sura.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Malang.

Ngarak Sewu Encek digelar Selasa 9 Juli 2024 di rest area Desa Sumbersuko dihadiri Muspika Kecamatan Dau dan Juga Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jawa Timur Ki Bagong Sabdo Sinukarto

Ririn Catur Kurniasasi, kepala desa Sumbersekar memaparkan, jika acara ini digelar setiap tahun dan kali ini adalah tahun ke 4 dan paling meriah selama acara digelar.

Ririn menambahkan jika acara ini akan digelar lagi di tahun depan dengan harapan akan lebih meriah sekaligus berharap bisa jadi kalender wisata budaya.

“Insyaallah tahun depan tetap kami gelar lebih meriah dan semoga bisa jadi kalender wisata budaya” Ujar Bu Kades yang baru setahun menjabat.

Di tempat yang sama, Ki Bagong Sabdo Sinukarto mengungkapkan rasa gembiranya jika di tahun baru 1 Sura kali ini dirinya mengaku kuwalahan menerima undangan peringatan Suroan dari beberapa Desa maupun komunitas budaya yang menggelar Suroan.

Menurutnya sejak masuk bulan Suro beberapa hari lalu puluhan undangan Suroan diterima FPK Jatim hingga satu bulan ke depan.

“Perayaan Suroan tahun ini sangat luar biasa meriah, bahkan 1 hari harus menghadiri 2 tempat, seperti hari ini, selain di Sumbersekar, di Kota Batu juga ada kegiatan Suroan” Pungkasnya.

Kemeriahan acara Ngarak Sewu Encek diakhiri dengan joget Mberot bersama masyarakat, pejabat dan tamu undangan lainnya.

EditoR
Agus pengampon

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed