oleh

Rapat Lokakarya Mini (Lokmin) Bulanan Lintas Program UPTD Puskesmas Lambunu 2

-Berita, Daerah-36 views

MC-Parimo, Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal : 3/9/2022, Pukul 10.30.wita di Lantai 2 Gedung Aula UPTD Puskesmas Lambunu 2 Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulteng.

Berlangsungnya Kegiatan Rapat Lokmin Lintas Program ini dalam rangka kegiatan Koordinasi Lintas Program berbentuk Upaya Capaian Atau Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) pada Bulan Agustus 2022 yang dihadiri langsung oleh : Kepala Dinas Kesehatan Kab. Parigi Moutong (Di Wakili Sekdiskes) Astar Baturangka, SKM, Kabid Yankes : Darlin, SKM. Kasi Pelayanan Primer : Hadijah, SKM. Pengelolah dan Teknisi JKN Kabupaten : (Murniati, SKM & Abd. Gafur, SKM.), Kepala UPTD Puskesmas Lambunu 2 : Wawan Akibu S.Kep.Ns. dan Seluruh PJ. Program Esensial dan Bidan Desa Se- Kec. Bolano Lambunu, Peserta undangan yang hadir sekitar 40 Orang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Parigi Moutong, Astar Baturangka, SKM, dalam sambutanya sekaligus membuka acara pembukaan Lokmin bulanan puskesmas, menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi pertemuan kegiatan lokmin ini, jika kehadiran peserta rapat ini dihadiri langsung oleh seluruh PJ program atau Pokja terkait yg ada di puskesmas, Semoga hal ini menjadi upaya koordinasi yang baik dilakukan oleh kapus Lambunu 2, selalu aktif disampaikan kepada kami Dinas kesehatan Kabupaten, kami akan turut membantu apabila terdapat kendala atau hal hal yang menjadi harapan kita bersama yang belum tercapai atau masih bermasalah, khusunya dalam persiapan menghadapi kegiatan Re-Akreditasi tahun ini, karena pelayanan kesehatan dalam ruang lingkup puskesmas itu lebih mengupayakan dan menekankan pada upaya kegiatan promotif dan preventif, setelah itu upaya kuratif dan rehabilitatif, tegasnya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Darlin, SKM, yang hadir juga dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan lokmin ini adalah untuk mengetahui Perkembangan dan Koordinasi dari pada Capaian Pelayanan Kesehatan Puskesmas baik di Bidang UKM, UKP dan Administrasi yang harus dilengkapi Standar dan Indikator Mutu Nasional (INM), Standar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dll, dalam memenuhi Upaya Elemen Penilaian Re-Akreditasi Puskesmas Tahun 2022, disamping itu juga yang menjadi harapan kita bersama adalah agar bagaimana menetapkan dan membangun dukungan serta Komitmen Lintas Sektoral yang baik dengan menggalang penandatangan kesepakatan bersama dalam membantu Terwujudnya Implementasi dan Mitra Koordinasi Capaian Pelayanan di Bidang Kesehatan di Wilayah Kecamatan Bolano Lambunu., Ujarnya.

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Lambunu 2 Wawan Akibu, S.Kep.,Ns.
menyampaikan bahwa betapa pentingnya dukungan bantuan koordinasi dan tindak lanjut Dinkes kabupaten yang ikut hadir dalam lokmin bulanan puskesmas kali ini, dalam upaya membantu harapan puskesmas yang tertunda dan menjadi daya ungkit dari segi pembinaan, supervisi dan pemahaman juknis terbaru yang perlu dihimbau dalam rangka Memperlancar dan Peningkatan Upaya Capaian Program-Program Kesehatan Puskesmas yang tentunya ini harus didukung pula oleh Kebutuhan Pemenuhan Tenaga Kesehatan yang Kompeten di Puskesmas termasuk juga Kepedulian Pemangku Kebijakan dalam Kesejahteraan Nakes Non ASN/PTTD yang sudah melaksanakan tugas pengabdiannya sejak lama kepada masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas., Disamping itu juga Puskesmas membutuhkan realisasi dan juknis dalam memudahkan kebutuhan Sarana Prasarana Puskesmas yg masih kurang dan belum terpenuhi serta terwujud sampai saat ini terutama pada *Pembanguan Pagar Depan/ Keliling Puskesmas dan Rumah Dinas Dokter Berstatus Rusak Berat (hampir 29 tahun lamanya belum ada rehab kembali atau terakhir pembangunan sejak berdirinya Puskesmas tahun 1993), dan juga terdapat 3 (tiga) Unit Puskesmas Pembantu yang tidak aktif, atau belum tersentuh dan berstatus rusak berat selama 12-15 tahun atau terakhir dibangun tahun 1981), Harapan ini adalah yang sangat mendukung upaya kami dalam meningkatkan akses pelayanan masyarakat dibidang kesehatan yang merupakan dukungan perhatian dan tanggung jawab kita bersama… tuturnya.;(editor asri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed