Warga Bocorkan Penggunaan Anggaran Dana Desa Wanamukti, Menjadi Bahan Pertanyaan.

Berita, Daerah1,031 views

MC-Parimo, Peran serta masyarakat dalam hal pengawasan dana desa sangatlah penting dan dibutuhkan , ternyata hal tersebut dibuktikan oleh warga desa wanamukti kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong.


Informasi dari masyarakat disampaikan kepada awak media, untuk mendapatkan kejelasan informasi ditelusuri dan ditemui Salah satu warga yang merupakan kaur desa enggan disebut namanya, mengungkapkan dugaan tentang penggunaan dana desa di tahun 2021 dan 2022, seperti digunakan untuk kepentingan pribadi, dipinjamkan ke orang lain setelah itu kejelasan dana tidak ada, yaitu tentang pengembalianya pasalnya, status sebagai bendahara tidak berfungsi alias dana ditangan pengelolah katanya.

1/3/2023 ketika ditemui warga berinisial U mengeluhkan dana Pemberdayanan Pengadaan Itik Dan Waring, dimana sudah ada Ketetapan dan di Sepakati 180 kepala keluarga (KK), diduga sebagian belum tersalurkan . Menurutnya dana tersebut sudah ditangan Oknum Kades
Inisial U menambahkan, untuk pembangunan kantor desa diambil dari sumbangan warga sebesar 400.000,-(empat Ratus Ribu), itupun ada pemaksaan katanya.
Di lain tempat ketika kepala desa ditemui dikantor desanya langsung mengeluarkan suara keras nada marah , untuk Memanggil Kepala Dusunnya dan Babinsa , menimbulkan suasana memanas.
Dengan kondisi seperti itu kades menyampaikan, ‘’Sekarang begini waring (jarring) 30 meter sementara itik cuma 3 kan tidak wajar, terlalu panjang untuk apa, dari pada mubazir dan terlalu luas.
Lanjutnya, ‘ saya tidak mau di obok obok, tanya saja yang punya utang siapa di Desa, atau Saya, Ayo saya tidak mau di tutupi, seharusnya kedusun dulu, baru kedesa jangan langsung ke wartawan, Pencarian Itik , tidak semuda itu, karena program baru mulai Masi jalan.
tidak harus orang miskin atau kaya siapa yang mau memelira, dan akan mendapatkan semua,Pengeluhan tidak benar karna Program Masih berjalan kata Kades.
Di waktu berbeda, kades mengirimkan pesan lewat whatshaap awak media,

  1. ‘’tolong ditemukan warga ku, kalau itu benar’
  2. Untuk apa ada BPD, kalau tidak lapor ke BPD,
  3. Masyarakat mengeluh ke BPD bukan sama Bapak (Pesan Sorotan dari Kades bahwa masyrakat tidak boleh menyampaikan pesan ke wartawan)
  4. Kalau ada kerugian Negara kan ada Inspektorat, bukan kewenangan Bapak ( pesan sorotan kades bahwa wartawan tidak dapat control kegiatanya dalam mengelolah anggaran dana desa)

Ketua BPD Desa Wanamukti,7/3 2023,dihubungi Lewat Telepon menyampaikan, beberapa poin yang Suda tidak di perkenankan oleh Camat seperti, penarikan iuran kantor Desa di batalkan, Kalau tekait pemberdayan pengadaan Itik masih sementara berjalan, memiliki waktu 3 bulan .
Hari ini jumat 10/3/2023 awak media menghubungi langsung Camat Bolano melalui telpon 08115090xxx, membenarkan adanya keluhan dari warga tentang penarikan dana pembangunan kantor desa, kalau laporan lain belum menerima resmi dari warga masyarakatnya.
Perlunya ada tindakan khusus dari dinas terkait, tentang pengelolahan dana desa, dimana warga masyarakat menyoroti hal itu. (Asri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed