oleh

Kisah Om Jin Sahabat Anak Indonesia

-Berita, Daerah-129 views

MC-Jakarta, Agus Pengampon atau dikenal dengan sebutan Om Jin asli arek Suroboyo merupakan tokoh legendaris pelawak, pemain ludruk, pemain film, pemain sinetron, pemain lenong, penyanyi “Om Jin Sahabat Anak Indonesia” dan lainnya yang banyak menghibur anak-anak dan masyarakat sampai ke pelosok nusantara.

Ceritanya Om Jin Sahabat Anak Indonesia takkala masih muda yang memiliki darah seni yang mengalir dari keluarganya dan bertumbuh dalam lingkungan ludruk di sebuah kota pahlawan yakni Surabaya daerah Kampug Pengampon Stasiun Semut.
Di kota tersebut juga melahirkan penyanyi legendaris liku-liku hidup dari Favorite group Cak Mamiek Slamet.

Ludruk adalah kesenian drama tradisional yang memiliki khas untuk menceritakan kehidupan rakyat sehari-hari dengan diiringi gamelan sebagai penghantar musiknya. Ludruk dipentaskan di sebuah panggung, biasanya awal pementasan diiringi tari seperti tari Remo atau tari lainnya dan diselingin guyonan sehingga penonton bisa tertawa terpingkal-pingkal melihat aksi para pemain ludruk.

Om Jin Sahabat Anak Indonesia mengikuti ayahnya yang mendapatkan tugas sebagai medis ke kota metropolitan yakni Jakarta, dari sini cikal bakal Om Jin Sahabat Anak Indonesia jiwa seninya mulai mengalir dari tubuhnya sekitar pada tahun 1988 beliau bergabung di sebuah teater SAE (Social Art of Education) yang disutradarai oleh Budi S. Otong.

Om Jin Sahabat Anak Indonesia sempat main drama teater sumur tanpa dasar dan pemain figuran TVRI dan pada tahun 2014 beliau melamar langsung di komunitas Ludruk Jakarta pimpinan Cak Batin. Di Jakarta beliau bergabung di group Ludruk KLJ (Komunitas Ludruk Jakarta) selain itu juga anggota Ludruk Kontjo Lawas yang bermarkas di Rempoa pimpinan oleh Ibu Niken R. sebagai pendiri dan menggagas awal berdirinya group Ludruk Margo Rukun Samhan Duren Sawit Jakarta Timur.

Om Jin Sahabat Anak Indonesia punya sepak terjang di dunia hiburan yang banyak pengalaman dan malang melintang di dunia hiburan dan sudah mengenal masa hidupnya dari sejak kecil yang di lingkungannya memiliki tokoh-tokoh kesenian seperti ludruk di Surabaya. Sehingga beliau tak diragukan lagi dan banyak membangun seni pelawak di tanah air Indonesia. Akhir kata, Om Jin Sahabat Anak Indonesia sebutan nama panggilannya yang sudah terdengar akrab sekali dan beliau memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk menghibur dan melakukan kegiatan sosial lainnya di daerah bencana di Indonesia. (Liem Sandra)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed