oleh

Gelar Pelatihan Batik Tulis Sekar Perdikan

-Berita, Daerah-43 views

Mediacentral-Magetan,Upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Pacalan Kecamatan Plaosan kabupaten Magetan ini layak untuk dijadikan referensi. Perhatian terhadap warga masyarakat yang dilakukan salah satu caranya dengan memberikan pelatihan tentang pembuatan batik tulis Sekar Perdikan.


Tujuan dari kegiatan ini menurut Agus Suharto,ST, Kepala Desa Pacalan, adalah agar ke depan ibu – ibu bisa membuat kreatifitas batik dengan menampilkan motif yang berciri khas potensi yang ada di Desa Pacalan. Dan bisa memberikan peluang peningkatan penghasilan bagi masyarakat sekitar” Ujarnya
“Kami mencoba melangkah agar potensi baik pertanian, produk lokal serta potensi lain yang ada di desa Pacalan bisa berkembang. Salah satu cara bisa kami kenalkan melalui motif batik buatan masyarakat di sini” Ungkapnya.
Kami bekerjasama dengan UMKM yang memproduksi kain batik berlokasi di RT 14 dusun sangeng desa pacalan, lokasinya tidak terlalu jauh dengan balai desa.

sehingga dalam pendampingan ke depan insya Allah akan lebih mudah.
Batik merupakan sebuah kreatifitas seni yang ditampilkan dalam bentuk gambar pola di kain, kemudian diproses secara handmade menggunakan bahan batik seperti lilin batik serta bahan lainnya.


Harapan kami adalah bahwa ke depan, dengan belajar membuat batik akan ada produk lokal selain produk yang sudah ada untuk menambah aneka produk UMKM Pacalan.

Motif yang rencananya akan kami buat merupakan gambaran potensi yang ada di Desa Kami adalah, Cempoko, wijoyo dalmini, jrembak lawu pritil, sulur kom cempoko, cempoko sulur, sekar perdikan, sulur full, jrembak gagang, pritil kom cempoko, pritil tumpal sompel, pritil full, Wijoyo perdikan, Jrembak lawu atas sulur , cempaka tumpal air.

namun untuk menemukan ciri tersebut pastinya melalui proses. Jadi nanti akan kita buat sedemikian rupa dalam perjalanan prosesnya, yang lebih penting adalah bagaimana agar ibu – ibu atau karang taruna di Desa kami mempunyai kegiatan yang bermanfaat, serta memberikan nilai ekonomi bagi mereka, tandas Agus Suharto, ST.


Dalam kesempatan itu, UMKM Desa Pacalan juga menyampaikan bahwa, Rencana 2024 ada penambahan modal utamanya untuk penyiapan infrastuktur unit usaha batik. “Kami akan serius untuk menjalankan unit ini, sebab potensi pemberdayaan berpeluang bagus.

Sistem padat karya tunai, bisa diterapkan, Sebagaimana sistem yang ada di tempat pelatihan kami ini ” Tambahnya.


“Selain rencana menciptakan motif khas Pacalan, kami akan terus berinovasi, baik membuat motif – motif khusus pesanan atau yang bersentuhan dengan seragam lembaga.

Rencananya, seragam RT/RW akan kami coba buatkan nanti, supaya dari kita, untuk kita dan yang mewarnai, ya warga kami sendiri” Ujar Kepala Desa Pacalan Agus Suharto, ST.
Mudah – mudahan, bisa menjadikan manfaat bagi warga sekitar ya mas. Kami semangat mengembangkan ini, untuk bisa menaikkan juga produk lokal yang ada nantinya. ( Jurnalis Sapari )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed