Bupati Sigi Buka Rakor Sinkronisasi DTKS dan Data Kemiskinan Extrim

Berita, Daerah5 Dilihat

Mediacentral info-Sigi – Bupati Sigi, Mohamad Irwan , secara resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dalam rangka penurunan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sigi. Acara ini berlangsung di aula BSIP Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru Rabu (12/6/2024.

Hadir pada kegiatan itu, pejabat Pusat Data dan Informasi Kementrian Sosial Republik Indonesia serta berbagai pihak terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Mohamad Irwan menegaskan pentingnya peran data DTKS sebagai dasar acuan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan menghapus kemiskinan sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

“Salah satu cara efektif untuk penuntasan kemiskinan adalah melalui penyaluran dana bansos yang dialokasikan dari APBN dan APBD. Penduduk yang tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup berhak mendapatkan bantuan sosial,” ujar Bupati Irwan.

Bupati Irwan juga menyebutkan berbagai program penanggulangan kemiskinan yang sudah ada, termasuk Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kelompok Usaha Bersama (KUBE), serta program-program khusus Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi seperti beasiswa pendidikan dan perlindungan kesehatan melalui Program Masagena.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sigi berpesan kepada seluruh kepala desa se-Kabupaten Sigi yang dikoordinir oleh camat untuk terus memperbarui data-data DTKS di wilayah desanya masing-masing. Hal ini agar program-program yang bertujuan untuk penuntasan kemiskinan dan bantuan sosial dapat tersalurkan tepat sasaran.

Acara ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh penting, antara lain, Anggota DPRD Kabupaten Sigi, PLH. Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Pusdatin Kementrian Sosial Republik Indonesia, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua BAZNAS Provinsi Sulawesi Tengah, Koordinator Wilayah PKH Provinsi Sulawesi Tengah, Pimpinan Sriti Convention Hall Palu, Kepala Cabang Sigi Bank Sulteng, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Sigi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Sigi, Inspektur Inspektorat Kabupaten Sigi, Kepala BAPPERIDA Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sigi, Kepala Dinas P2KB Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Direktur RSUD Torabelo Kabupaten Sigi, Camat se-Kabupaten Sigi, Koordinator PKH Kabupaten Sigi, Kepala Desa se-Kabupaten Sigi, Ketua BPD se-Kabupaten Sigi, Operator Desa SIKS_NG se-Kabupaten Sigi, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan se-Kabupaten Sigi, SDM PKH se-Kabupaten Sigi

Acara ini juga disertai dengan penyerahan bantuan dari pihak pihak swasta yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan ekstrim dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sigi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sinkronisasi dan harmonisasi data terpadu kesejahteraan sosial dan data kemiskinan ekstrim, sehingga menghasilkan data yg valid dan teruji.jurnalis,.(Ali).

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed