Presiden jokowi Resmikan,Irigasi Gumbasa di kab.sigi.

Berita, Nasional435 Dilihat

Media central info-Sigi Dalam rangka kunjungan kerja hari kedua Presiden RI Joko Widodo kembali meresmikan Bendungan dan Daerah Irigasi (DI) Gumbasa ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti yang berlokasi di Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi. Rabu,(27/03/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi Widodo menyampaikan guna mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan, pemerintah telah melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur irigasi di seluruh tanah air, termasuk daerah irigasi Gumbasa, Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah.

Dikatakannya, rehabilitasi daerah Irigasi Gumbasa telah dimulai sejak 2016, melewati perjalanan panjang kemudian terjadi bencana 2018 dan akhirnya tahun 2024 selesai.

“Melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi jaringan irigasi untuk memastikan ketersediaan air bagi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian, hal tersebut akan mengoptimalkan daerah layanan seluas 8.180 Ha lokasi persawahan dan meningkatkan indeks pertanian dari semula 149 persen menjadi 300 persen,” ujarnya.

Selanjutnya Presiden Jokowi berharap daerah irigasi Gumbasa dapat meningkatkan produktivitas pertanian, mendukung keamanan dan ketahanan kedaulatan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Pada kunjungan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah tersebut Presiden RI didampingi Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Bupati Sigi Mohamad Irwan, Wabup sigi Samuel Yansen Pongi, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Turut hadir Dalam kegiatan tersebut Unsur Forkompinda Kabupaten Sigi, Kepala Kantor Pertahanan Kabupaten Sigi, Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan, Kasat Pol-PP, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Perkejaan Umum Kabupaten Sigi serta Camat Gumbasa dan Kepala Pandere dan Desa Pakuli. jurnalis(Ali)

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed