oleh

Proses Minyak Kelapa Perawan (VCO)

-Berita, Daerah-91 views

MC-Ampana, Desa Pusungi Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-una Provinsi Sulteng, membuat minyak kelapa perawan.( VCO ) Virgin coconut oil,pada hari sabtu 1/5/2021. Ketika ditemui pemilik pabrik Virgin Coconut Oil ( VCO ) Samsudin pando’o mengatakan,kami membuat pabrik minyak kelapa perawan aVCO ini tujuannya untuk merubah sistem produksi kopra, agar bisa meningkatkan hasil kami sebagai petani kelapa terangnya..

Pabrik ini kami bangun secara manual dan tenaga ahli yang menciptakan adalah rekan kami selaku penangung jawab usaha produksi pangan industri rumah tangga.yaitu .I.ketut.Sirupawan.

Dia adalah Pembuat pabrik untuk memproduksi minyak kelapa tanpa menggunakan air, produksi minyak VCO ini, di olah langsung dan cara membuatnya adalah pertama bersihkan kelapa dari sabutnya, terus di belah selanjutnya daging kelapa di lepas dari batok kelapa ,setelah itu di cuci ,selesai di cuci daging kelapa tersebut di parut. selesai pemarutan kelapa parut di hambur di atas meja yang berlantaikan stailes yaitu meja yang telah dirancang , setelah itu kelapa parut itu di hamparkan dengan waktu tertentu terang Samsudin

.selanjutnya masukan kelapa kedalam pipa stainles berukuran 3″ ,langsung pres di alat pres dan menghasilkan minyak kelapa murni atau minyak perawan.dalam sebutan Virgin cocunut oil ( VCO ).

.bila kita semua petani kelapa bisa merubah cara berpikir ,khususnya petani kelapa yang ada di tojo una-una tinggi hasilnya dibandingkan jadi kopra.

sementara harga kopra hanya berkisaran Rp.6000-10000 per kg. anjlok terus .bila kita jadikan VCO hasil produksi harga sangat menjanjikan para petani. 10 biji kelapa bisa menghasilkan minyak 1 liter.dan harga dalam 1 liter mencapai Rp.80.000, lebih tinggi hasil dari pada kita hanya produksi kopra.dan simpelnya pembuatan VCO ini tanpa fermentasi dalam arti tidak di peras jadi santan .langsung pres menghasilkan minyak. (I Ketut S)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed